Digitalizing Your Self

“Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung”. Peribahasa ini berarti “Di mana kita berada, di situlah kita harus mengikuti kebiasaan yang berlaku”. Namun dalam tulisan ini, saya tidak membahas pengertian peribahasa sebagaimana di atas secara tekstual. Saya ingin menyampaikan makna peribahasa ini dengan hal yang agak berbeda, yaitu sebuah pengajaran tentang bagaimana bersyukur atas nikmat yang kita miliki. “Di mana kita berada (baca: bekerja), disitulah semestinya kita memberikan kemampuan terbaik kita”.

Bekerja di PT Metra Digital Media (MDMedia), bahkan “sejak sebelum perusahaan ini lahir”, membuat saya merasakan betul bagaimana perjalanan perusahaan ini sampai menginjak usia 4 tahun. Tentu saja “merasakan” di sini, dalam perspektif dan pemahaman saya, seorang pekerja.

Empat (4) tahun bagi MDMedia, adalah sebuah usia yang “balita” jika dilihat secara kronologis, tapi sesungguhnya cukup “dewasa” jika kita bicara tentang usia biologisnya..

1 Mei 2013, MDMedia dilahirkan dengan harapan menjadi kendaraan bagi perusahaan partner / client yang ingin memanfaatkan digital advertising dalam segala aktivitas untuk membesarkan perusahaannya, baik dalam aktivitas marketing maupun operasionalnya. Sehingga sejak didirikan, MDMedia mendeklarasikan diri dengan cita-cita menjadi The King of Digital Media.

Tidak mudah mewujudkan cita-cita ini, mengingat belum semua insan MDMedia adalah mereka yang memahami betul dunia Digital Media / Digital Advertising. Khususnya mereka yang tidak terlibat langsung dalam Operasional Bisnis MDMedia, termasuk di dalamnya adalah saya, yang menjadi insan MDMedia sebelum MDMedia itu sendiri lahir.

Tentu ini merupakan tantangan terberat bagi MDM untuk bisa bertahan dalam mewujudkan cita-citanya. Sementara disekitarnya, bermunculan bisnis Startup Digital yang demikian lincah karena memang mereka adalah entitas baru yang sejak lahirnya diisi dengan insan-insan yang mengerti betul dunia digital.

Maka bertahan sampai umur 4 tahun, adalah sebuah hal yang sangat patut saya syukuri, dan tentu saja sambil berharap akan bertahan sampai tahun-tahun yang akan datang.

Salah satu bentuk syukur yang bisa saya lakukan adalah mengharuskan dan memaksa diri untuk bisa memberikan kemampuan terbaik yang saya miliki.

Digitalizing Your Self

This is it.. hal ini yang saat ini menjadi tuntutan bagi seluruh insan MDMedia.

Apa bentuk “Digitalizing Your Self” bagi saya? Ada banyak hal, salah satunya yang konkrit adalah membuat blog ini.. hehe..

Dalam blog ini, saya tidak hanya belajar menulis, tapi saya akan secara langsung belajar bagaimana mengoptimalkan sebuah content untuk bisa dipublish dan bahkan populer di media digital.

Sebuah pekerjaan content optimization yang tidak pernah saya lakukan secara langsung, karena memang saya tidak berada di Divisi IDM, salah satu divisi di MDMedia yang menyediakan layanan Online Activation, diantaranya berupa Web Development beserta SEO/SEM nya.

Maka untuk menjunjung langit dimana buminya saya pijak (baca: untuk memberikan kemampuan terbaik dimana saya bekerja), saya merasa harus memahami dan mengerti secara langsung bisnis apa yang dijalankan. Pastinya dengan melakukan sendiri, saya bisa merasakan user experience secara langsung, di mana hal ini yang menjadi salah satu KSF bisnis digital jika ingin sustain.

So, sebagai akhir tulisan ini, saya mengajak teman-teman, khususnya MDMers untuk mengasah kemampuan digital kita, sehingga kita layak untuk terus berada dan membesarkan MDMedia kita.

Happy anniversary #4 MD Media..

Semoga tumbuh, berkembang dan selalu membawa manfaat bagi seluruh stakeholder dan shareholder.. aamiin..

Leave a Reply

